Cerita Awal di Kelas Inspirasi 3



Pukul 14.53 WIB,,,,,,
Dengan segelas secangkir teh membuat hangat diri saya di siang hari yang tampaknya memang mengharuskan untuk menarik kembali selimut, sembari memandang kearah jendela dengan suasana gelap dan disertai hembusan angin dingin (berasa kayak di film Nicholas park heheh).




Well, everything is alright n so fun banget walaupun hari ini hujan. Tapi enggak membuat aku menjadi malas untuk bercerita tentang hal yang tak bisa aku lupain.

Best moment in my life, dan kayaknya udah gak sabar buat cerita sama kalian tentang pengalaman mengajar di kelas inspirasi 3 tepatnya di SDN 102 yang berada di daerah Bangkahan Kota Bengkulu.
Jadi ceritanya kemarin tanggal 27 November i have attended kelas inspirasi 3 yang merupakan perpanjangan dari Indonesia Mengajar. Awalnya agak ragu sih mau ngikut acara ini karena melihat partisipator yang sedikit dan pasti gak seru beuddd.

Hehehe walaupun sempat out but i was back dan jadilah member grupp bangkahan KI 3.
Hidup itu penuh perjuangan banget , ya nggak sih?

Pasti dong, karena ngikutin KI 3 ini melewati proses yang lumayan panjanglah dari interview, ngikutin briefing sampai menjadi peserta bahkan untuk berangkatnya pun penuh perjuangan. hahahha
Pagi-pagi nih aku udah harus berangkat dan mesti ready dari pukul 5 subuh biar dijemput jam 5.30 , secara kan aku ga bisa bawa kendaraan, otomatis si PJ nya yang bernama Meggy Zaputra pick me up dari ujung ke ujung ( but before makasih buat adek meggy atas perhatiannya dan kepeduliannya pada anggota beliau ....cieciecie).

Meggy- PJ SDN 102 Bangkahan

Perjumpaan saya dan teman-teman berawal di daerah Bumi Ayu. Ada saya, Nisa, Ka Fori, Meggy dan yang masih kita tunggu kak Deff and i dont know him but i thought that him orang yang dalam pikiran saya begitu kalem dan jaim banget (heheh sorry ka deff) karena ditungguin ka deff belum muncul juga akhirnya  sekitar pukul 7.30 kami berangkat menuju lokasi sekolah Bangkahan dan bertemu dengan ka deff di sekolahan ( btw kalo aku ceritain tentang ka deff sebelum nyampe sekolah panjang kronologisnya jadi aku singkat aja yahhh hehehe).

Mengingat cuaca kemarin tidak bersahabat, Kami yang awalnya ( saya dan Nisa) mau menggunakan motor akhirnya memutuskan untuk bergabung  di mobil  kak Fori (yang wajahnya awet muda banget).

Kak Fori yang awet muda

Perjalanan menuju kesekolah pun kami lewati dengan berbagai rintangan, karena memang cuaca yang gak bersahabat ada angin, hujan dan ditambah kondisi jalan yang rusak . Mengingat daerah itu merupakan jalan lintas truk perkebunan sawit.


Tukang foto si Milda temennya Meggy

Sebenarnya agak bingung juga karena ketika kami memasuki jalan ini, kami telah memasuki kabupaten Seluma dan berbelok baru masuk wilayah kota Bengkulu. Tapi ga papa lah yah ga usah dipikirin banget. Karena disini aku bakal cerita kisah kami para relawan Bangkahan Group.

Ketika kami sampai di sekolah Bangkahan, kami semua terkejut karena anak-anaknya pada belum datang( hujan yang begitu deras membuat mereka males untuk sekolah ) ada rasa pesimis dalam hati. Kok gak ada orang ya?  Jadi gimana acaranya? Jadi apa enggak nih?

Sambil menunggu hujan berenti dan murid-murid datang, PJ dan relawan berdiskusi mengenai tugas yang harus kami lakukan. Alhamdulilah, ketika hujan berhenti, para murid pun berdatangan. Meskpiun hanya sekitar 13 orang kami tetap dengan tujuan awal kami sebagai relawan kelas inspirasi. Overall tidak hanya murid SD tapi kami juga sharing ilmu pada murid SMP.

Foto bersama diakhir sesi kelas Inspirasi


Dalam kelas inspirasi ini, kami berempat membagi ilmu tentang background pendidikan dan pekerjaan kami masing-masing. Dan menurut saya, ketika menjadi relawan di sekolah tidak mesti harus mengajarkan tentang pelajaran matematika, bahasa, ipa dan ips. But di kelas inspirasi ini, kami memberikan motivasi dan ilmu pada murid-murid SD dan SMP agar ketika mereka dewasa nanti , tahu ingin menjadi seperti apa.


Dalam kelas ini, kami dibagi menjadi dua kelompok, saya dan ka deff terlebih dahulu mengajar murid SMP - SD, dan kak Fori dan ka Nisa mengajar murid SD-SMP.

Agak nervous memang, karena ini pertama kali bagi saya menjadi relwan dan harus berbicara di depan anak-anak. But its okey, ini adalah proses pembelajaran bagi diri saya. Yang penting niat dalam hati yang ingin diberikan sama mereka.



Selain itu, kalau ka deff memberikan ilmu tentang apa saja yang ada dan larangan di bandara dan anak-anak sangat menyukai cerita yang diberikan oleh ka deff.


Kak Deff lagi serius 

Nah, kalau kak Fori dan Ka Nisa karena mereka orang kesehatan, mereka berbagi ilmu tentang mencuci tangan menggunakan sabun dan ka nisa mengajarkan kepada adik-adik bagaimana merawat bayi.

Dua orang yang backgroundnya kesehatan

Meskipun jumlah siswa diluar ekspektasi kami, tidak menjadi halangan bagi kami untuk mengatur dan melakukan tugas mengajar. Karena kalau kita udah niat buat ngajar, murid sedikit ga jadi masalah hehehhe.



Melihat kondisi sekolah dengan keadaan murid dan guru yang terbatas di daerah Bangkahan, menjadi fenomena tersendiri bagi kota Bengkulu. Realita yang kami lihat agak memprihatinkan, wilayah yang berada di kota tapi kami merasa sekolah ini terpinggirkan. Sekolah yang di kitari oleh beribu tanam sawit tapi tidak mampu membuat sekolah ini sebanyak yang diharapkan seperti si sawit. Ehmm miris memang, apa tidak ada bantuan dari sang pemilik ***** untuk sekolah ?  i dont know.  Kita harapkan pemerintah dapat merealisasikan dan melihat bagaimana kondisi sekolah yang sebenarnya.



Baik ka Meggy, ka Fori, ka Nisa, ka Deff dan saya, tentunya kami sadar bahwa fenomena ini ada dan terjadi di Kota Kami. Untuk itulah kami di KI 3 mencoba berbagi membagikan ilmu dan tak sekedar mengikuti tren. Karena apa yang kami berikan adalah ilmu yang nantinya bisa menjadi motivasi mereka agar tetap memiliki cita-cita dan cita ini akan membawa mereka kemasa depan yang lebih cerah.

Honestly ceritanya masih panjang nih, karena sebenarnya masih banyak yang belum aku ceritain. Ditunggu ya next story, karena aq bakal cerita in tentang profil para member group SD Bangkahan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar

Adbox