Berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI yuk!



Dalam salah satu pesan Alm. Bondan Winarno, ia pernah mengatakan bahwa
Berpacaranlah di perpustakaan!

Eittss! tapi jangan salah paham dulu ya,
Maksudnya beliau adalah berpacaran di perpustakaan karena perpustakaan adalah tempat sumber ilmu yang di isi oleh banyak buku yang tidak pernah marah, setia di mana saja, kapan saja kecuali ketika menyelam di laut atau bersembunyi di kolong selama gerhana.

Well, salah satu quote yang saya suka dan membuat saya tersenyum sendiri.
Perpustakaan bagi saya adalah tempat yang begitu sejuk dan menenangkan diri untuk kita berfikir dan menjadi tempat untuk menuangkan ide-ide dalam menulis sesuatu. Entah menulis tugas akhir, cerita atau sekedar wifian.


But terlepas dari itu, in my opinion Library is one of the most better place to spend your time, right.
Jadi ceritanya posisi saya lagi di jakarta sebulan yang lalu, karena udah waktunya buat ngunjungi gedung putih yang terdiri dari berbagai macam orang. So, mumpung lagi libur semesteran sekalian aja saya berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI yang baru saja di canangkan sebagai gedung tertinggi di dunia yang memiliki 24 lantai. 

Pintu Depan Perpus RI

Karena penasaran, saya pun pergi kesana. And prepare dari jam 7 buat nunggu busway tujuan ragunan-monas.

Setelah sampai di sana, gedung perpustakaan ini berhadapan langsung dengan ikon kota Jakarta. Tanpa ragu-ragu saya pun langsung masuk dan sedikit takjub dengan tinggi bangunan ini.



Foto diambil dari Hal.Monas

Perpustakaan Nasional RI ini merupakan gedung perpustakaan yang sudah diresmikan  oleh Bapak Presiden Jokowi dan gedung ini menjadi gedung tertinggi di dunia. Berita ini saya kutip dari
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/16/megahnya-gedung-perpustakaan-nasional-ri-yang-baru-tertinggi-di-dunia 

Nah untuk teman-teman yang ingin berkunjung, bisa langsung aja datang di jalan merdeka selatan No. 11 Jakarta Pusat tepat di lantai 2 kamu wajib mengisi data untuk membuat kartu anggota perpusnas RI.

Komputer pengisian data diri nonpemustaka 

Lantai dua ini merupakan tempat layanan bagi pengunjung yang ingin menjadi anggota perpusnas RI, nanti kalian bisa langusng mendaftar melalui komputer yang telah disediakan, mengisi data yang ada, kemudian setelah mengisi daftar, kalian akan mendapat nomor antrian untuk difoto dan membuat kartu. Oh iya setelah mengisi data, jangan lupa buat kamu untuk mencatat nomor kartu kamu untuk diserahkan ke petugas.


Lantai 2



Gimana ya kalau mau buat kartu tapi tinggal di luar Jakarta?. Buat kita yang tinggal atau jauh dari Jakarta, kita bisa juga daftar secara online nih guys, ga perlu datang langsung kesana. Kita langsung buka aja http://www.pnri.go.id/ kemudian klik bagian layanan  http://keanggotaan.perpusnas.go.id . selesai daftar,  simpan aja nomor kartu kamu buat kamu serahkan ke petugas saat kamu di jakarta. Dan untuk pemustaka juga bisa melakukan email untuk tahu info atau bertanya mengenai jurnal dll bisa di info@perpusnas.go.id .

Kartu anggota yang udah dicetak

Setelah itu, petugas akan mempersilahkan para pengunjung untuk menikmati atau mencari kebutuhan buku di masing-masing lantai. Selain cari buku atau baca Jurnal, enggak ada salahnya buat kamu untuk menikmati setiap lantai, dan bisa dijadikan background buat foto hehehehe...

Photo dibeberapa lantai.


Backgroundnya kayak lagi di Hogwarts Harry Potter

Lantai 15 Ruang Referensi



Di lantai puncak alias lantai 24. saya saranin buat kamu jangan ngelewatin pemandangan dari atas karna terlihat cozy banget, apalagi viewnya yang meghadap monas. Tapi ingat ya, perpustakaan ga boleh ribut.


Lantai 24 ruangan budaya



Fotonya diambil dari lantai 24



di ruang VIP 

Kita juga bisa menikmati duduk didalamnya dan melihat view diluar



Jadi kalau teman-teman yang suka nongkrong di perpustakaan atau lagi libur di Jakarta, kapan-kapan mampir ke sini ya. 

Wisata gak mesti ketempat yang outdoor kan, di Indoor juga ga masalah.



Sumber Referensi : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/16/megahnya-gedung-perpustakaan-nasional-ri-yang-baru-tertinggi-di-dunia 

2 komentar:

  1. Woooo,, megah sangad tuh. Apalagi dengan koleksinya yang banyak, jadi betah lama-lama disana. Itu sampai jam brapa ya bukanya.

    BalasHapus
  2. Keren ya mbak perpusnya. View luarnya jg syahdu. Btw maksudnya gedung perpus tertinggi ya mbak, kalo gedung tertinggi di dunia burj khalifa di dubai

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar

Adbox